Logo Bloomberg Technoz

Pertama Kalinya, Netflix Unggah Data Penonton untuk Setiap Film

News
13 December 2023 06:40

Ilustrasi Netflix Game. (Dok: perusahaan)
Ilustrasi Netflix Game. (Dok: perusahaan)

Lucas Shaw - Bloomberg News

Bloomberg, Netflix siap memberi tahu dunia berapa banyak orang yang menonton acaranya. Pada Selasa (12/12/2023), perusahaan layanan streaming berlangganan ini merilis data penonton global semester I 2023 untuk setiap judul di tayanannya, hal pertama yang menurut Netflix akan menjadi sebuah laporan rutin.

Berdasarkan data Netflix, film thriller politik The Night Agent adalah judul yang paling banyak ditonton secara global pada paruh pertama tahun ini, yakni menghasilkan 812,1 juta jam penayangan. Diikuti oleh drama keluarga Ginny & Georgia season kedua, dan debut The Glory, serial Korea Selatan. Ginny & Georgia menghasilkan penonton terbesar jika mempertimbangkan semua season pertunjukan.

Pengungkapan oleh Netflix – yang paling detail dibanding layanan streaming manapun – mengikuti perselisihan selama berbulan-bulan antara serikat pekerja Hollywood dan studio-studio besar. Setelah dua pemogokan, penulis dan aktor mendapatkan lebih banyak kompensasi atas karya mereka di bidang streaming, dan gaji mereka sebagian bergantung pada pengungkapan data penonton Amerika Serikat (AS) yang lebih besar oleh layanan seperti Netflix.

Kini, perusahaan memberi semua orang, baik penonton, pemasok, maupun pesaing, pandangan lebih mendalam tentang apa yang ditonton orang-orang melalui acara semi-tahunan “Yang Kami Tonton: Laporan Keterlibatan Netflix.”