Logo Bloomberg Technoz

Prabowo: Orang yang Katanya Saya Culik, Kini Ada di Pihak Saya

Pramesti Regita Cindy
12 December 2023 21:52

Daftar foto aktivis yang hilang saat reformasi 1998 di acara panggung akbar 'Bongkar', di GBK, Sabtu (9/12).
Daftar foto aktivis yang hilang saat reformasi 1998 di acara panggung akbar 'Bongkar', di GBK, Sabtu (9/12).

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto mengatakan akan membentuk Pengadilan HAM masa lalu jika terpilih pada Pemilu 2024; termasuk kasus penculikan 13 aktivis 1998. Dia pun memastikan rencana tersebut akan ditangani Gibran Rakabuming Raka sebagai wakil presiden.

"Masalah HAM jangan dipolitisi," kata Prabowo, Selasa (12/12/2023). "Kalau ada pengadilan HAM kita adakan, tidak ada masalah."

Dia menilai, isu penculikan aktivis selalu muncul setiap kali dirinya maju dalam kontestasi Pemilu, sebagai capres dan cawapres. Dia pun mengklaim sudah sering memberikan jawaban dan klarifikasi. Dia justru merasa janggal isu tersebut terus diangkat oleh para lawan politiknya.

"Kok saya dibilang tak tegas," kata Prabowo. "Wakil bapak (Mahfud MD) itu yang mengurus selama ini (Pengadilan HAM)."

Prabowo memang diduga turut bertanggung jawab dan terlibat dalam kasus Pelanggaran HAM masa lalu, khususnya penculikan 13 aktivis pada 1997-1998. Prabowo sebagai Komandan Kopassus TNI saat itu dikabarkan memerintahkan pasukannya menculik sejumlah orang yang kerap mengkritik pemerintahan Presiden Soeharto.