Logo Bloomberg Technoz

Inflasi November AS Naik Tipis, The Fed Bakal Tahan Suku Bunga

News
12 December 2023 21:25

Ilustrasi data inflasi Amerika Serikat atau AS. (dok Bloomberg)
Ilustrasi data inflasi Amerika Serikat atau AS. (dok Bloomberg)

Augusta Saraiva - Bloomberg News

Bloomberg,  Indeks harga konsumen (IHK) atau inflasi di Amerika Serikat (AS) meningkat pada November. Hal ini menambah keyakinan atas niat Bank Sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) untuk mempertahankan suku bunga dalam waktu dekat.

Menurut data pemerintah, IHK inti, yang tidak termasuk biaya pangan dan energi, meningkat 0,3% setelah naik 0,2% pada bulan Oktober. Dibandingkan dengan tahun lalu, angkanya naik 4% untuk bulan kedua.

Para ekonom lebih menyukai indikator inti sebagai penunjuk yang lebih baik untuk tren inflasi daripada IHK secara keseluruhan. Ukuran tersebut sedikit meningkat setelah tidak mengalami perubahan berarti pada bulan Oktober. Dibandingkan dengan tahun lalu, angkanya naik 3,1%.

Data pada Selasa menegaskan sifat yang tidak menentu dalam upaya membawa inflasi kembali ke jalurnya. Meskipun tekanan harga seagian besar telah berkurang dari level tertinggi dalam beberapa dekade, pasar tenaga kerja yang tetap kuat terus mendorong belanja konsumen dan perekonomian secara umum.

Data inflasi AS. (Sumber: Bloomberg)