Logo Bloomberg Technoz

Debat Capres, Anies Sindir Jokowi Sering Jawab Itu Proses Hukum

Pramesti Regita Cindy
12 December 2023 21:15

Anies di Debat Capres (Andrean/Bloomberg Technoz)
Anies di Debat Capres (Andrean/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon presiden nomor urut 01, Anies Baswedan kembali sindir Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat merespon isu penegakan hukum dalam acara Debat Capres 2024. Menurut dia, negara itu seharusnya hadir dalam segala permasalahan ketidakadilan.

"Bila terjadi praktek-praktek di mana keadilan tidak hadir, maka negara tidak boleh diam dan mengatakan 'nah itu kan proses hukum'," kata Anies, Selasa (12/12/2023). "Tidak bisa, justru negara harus mempertanyakan apa yang sesungguhnya terjadi."

Menurut dia, jika terpilih sebagai presiden, tak akan pernah tinggal diam ketika terjadi ketidakadilan dalam proses hukum. Sebagai pemimpin negara, dia pun akan berupaya agar seluruh lembaga yudisial memahami tugas utamanya adalah menegakan hukum dan menghadirkan rasa keadilan kepada masyarakat. 

"Negara memastikan bahwa proses hukum benar-benar berorientasi keadilan," kata Anies. 

Sebagai penyokong keadilan hukum, dia pun mengklaim akan memastikan seluruh proses peradilan berlangsung secara transparan. Dia juga akan menjunjung tegaknya undang-undang dan berkomitmen pada konstitusi.