Logo Bloomberg Technoz

Sindiran Anies ke Prabowo: Tak Tahan Menjadi Oposisi

Sultan Ibnu Affan
12 December 2023 21:10

Prabowo Anies di Debat Capres Perdana (Andrean/Bloomberg Technoz)
Prabowo Anies di Debat Capres Perdana (Andrean/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Debat calon presiden (capres) 2024 perdana digelar hari ini. Di debat pertama ini, suasana yang agak panas dan saling sindir sudah terlihat.

Dalam debat capres 2024 yang digelar di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), salah satu isu yang dibahas adalah korupsi di partai politik. Kepercayaan publik menjadi rendah terhadap partai politik karena isu korupsi yang kerap menaungi.

Anies Rasyid Baswedan, capres nomor urut 1,  menyatakan korupsi bukan sekadar melingkupi partai politik. Namun proses demokrasi Indonesia yang mahal menjadikan praktik korupsi seakan menjadi sebuah keniscayaan.

"Kalau kita saksikan hari ini, kita mengalami problem. Angka demokrasi kita, indeks demokrasi kita, menurun," tegas Anies dalam debat capres di kantor KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Oleh karena itu, lanjut Anies, biaya politik harus dihitung dengan benar dan menyeluruh. "Sudah saatnta pembiayaan politik itu dihitung dengan benar. Jadi salah satu reform-nya adalah pembiayaan politik," sebutnya.