Logo Bloomberg Technoz

Debat Capres, Ganjar Janji Miskinkan & Rampas Aset Para Koruptor

Mis Fransiska Dewi
12 December 2023 20:49

Ganjar di Debat Capres (Andrean/Bloomberg Technoz)
Ganjar di Debat Capres (Andrean/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon Presiden dari pasangan nomor urut tiga Ganjar Pranowo mengatakan akan memiskinkan dan merampas aset para koruptor. Ini merupakan respons atas pertanyaan dari panelis yang menanyakan soal rendahya hukuman yang diterima oleh koruptor sehingga tidak ada efek jera. 

"Pertama dari sisi penegakan hukumnya dulu, maka saya mulai dari sini maka yang akan saya lakukan adalah pemiskinan. Kedua, pemrampasan aset. Maka kita bereskan undang-undang perampasan aset, pejabat yang korupsi bawa ke Nusa Kambangan agar bisa punya efek jera, ini tidak main main," ujar Ganjar dalam debat Calon Presiden dan Wakil Presiden Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (12/12/2023). 

Menurut Ganjar, pemimpin atau pejabat publik harus memberikan contoh hidup sederhana. Lalu, lanjut Ganjar, pebajat tidak boleh hidup bermewah-mewah dan mengajarkan integritas. 

"Untuk pejabat biarkan mereka berkembang dengan sisetm meritokrasi yang baik agar tidak ada jual beli jabatan. Kedua, jangan biarkan mereka setor kepada pemimpinnya," tegas Ganjar dalam debat capres 2024.