Logo Bloomberg Technoz

Ganjar Pranowo Tawarkan Super Apps untuk Perbaiki Pelayaan Publik

Mis Fransiska Dewi
12 December 2023 20:29

Ganjar Debat Capres Perdana (Andrean/Bloomberg Technoz)
Ganjar Debat Capres Perdana (Andrean/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon Presiden Ganjar Pranowo mengutarakan ide untuk meningkatkan pelayanan publik di Indonesia dengan meluncurkan super apps. 

“Kebetulan saya sudah punya pengalaman 10 tahun mengenai ini. Mengajak mereka berpartisipasi sejak awal, satu menghadirkan saat musrempang kelompok perempuan, disabilitas, anak-anak termasuk orang tua, kenapa agar pengambil putusan mereka aware dan peduli apa yang mereka rasakan,” kata Ganjar saat debat capres 2024 di Gedung KPU, Selasa (12/12/2023).

“Kesetaraan dalam perencanaan pembangunan itulah yang kita harapkan merepresentasikan apa yang mereka harapkan, jika fisiknya kita bangun, mereka paham mana yang digunakan sehingga tidak ada protes,” tambahnya.

Dari pengalamannya saat menjadi Gubernur Jawa Tengah dengan membuat aplikasi LaporGub, dirinya yakin jika nanti terpilih dia akan kembali membuat super apps untuk memperbaiki pelayanan publik.

“Sebagai satu ruang komplen publik pemerintahan tidak boleh baperan dan terima masukan dan kritikan ini yang kita angkat jadi goverment super apps, sehingga ketika itu tidak berjalan, pemerintah tertinggi harus mengambil itu sehingga kelompok ini dapat afirmasi,” tutup Ganjar.