Logo Bloomberg Technoz

Cerita Jokowi Rayu Pangeran Arab untuk Tambah Kuota Haji

Dovana Hasiana
12 December 2023 18:35

Petugas mengambil paspor calon jemaah haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (23/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Petugas mengambil paspor calon jemaah haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (23/5/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo menceritakan pengalamannya mengajukan tambahan kuota haji 2024 kepada Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman (MBS) saat makan siang.

Saat itu, Jokowi tengah melakukan pertemuan bilateral dengan Arab Saudi untuk membahas investasi dan perdagangan. 

Selesai melangsungkan pertemuan secara formal, Jokowi mengikuti acara makan siang bersama dengan MBS beserta para menteri Arab Saudi.  Jokowi menjelaskan dirinya mengajukan tambahan kuota haji saat MBS, menteri-menteri dan semua pihak terlibat dalam perbincangan yang seru. 

“Saat makan siang, namanya makan, senang, saya lihat suasana senang banget. Beliau (MBS) seneng, menteri juga gembira, terus ceritanya agak kemana-kemana makin senang, di situ lah saya masuk,” ujar Jokowi dalam Raker dan Milad ke-6 BPKH, yang disiarkan secara virtual melalui Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (12/12/2023). 

Jokowi memulai topik haji dengan menjelaskan kepada MBS bahwa jemaah Indonesia harus menunggu selama 47 tahun untuk melaksanakan ibadah haji. Menurut Jokowi, saat itu MBS terkejut mendengar kabar itu dan mengatakan akan segera memutuskan tambahan kuota haji.