Logo Bloomberg Technoz

2.000 Aparat Kawal Debat Capres di Gedung KPU

Sultan Ibnu Affan
12 December 2023 18:10

Petugas polisi berjaga di depan Kantor KPU RI jelang Debat Capres, Selasa (12/4/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Petugas polisi berjaga di depan Kantor KPU RI jelang Debat Capres, Selasa (12/4/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ribuan aparat kepolisian berjaga di lokasi debat pasangan calon presiden (capres) yang akan diselenggarakan malam ini, di Gedung KPU, Selasa (12/12/2023) pukul 19.00 WIB. 

Selain ribuan aparat, terlihat pula kendaraan taktis atau rantis digunakan untuk pengamanan kali ini. Berdasarkan pantauan, setidaknya ada 1 rantis yang telah disiapkan dan berjaga di depan gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo mengatakan, persiapan rantis tersebut dilakukan sebagai upaya antisipasi dari segala kemungkinan yang terjadi, salah satunya kerusuhan massa.

"Kendaraan taktis yang kami libatkan dalam pengamanan kali ini sesuai dengan kemungkinan ancaman yang mungkin bisa saja terjadi, baik itu bersifat massa yang datang unjuk rasa, terror, dan lain sebagainya," ujar Susatyo di kawasan KPU, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023).

Petugas keamanan berjaga di depan Kantor KPU RI jelang Debat Capres, Selasa (12/4/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Dia berharap, dengan kesiapsiagaan tersebut, dapat menjaga ketertiban dan keberlangsungan debat yang bakal diselenggarakan hari ini.