Logo Bloomberg Technoz

5 Merek Rice Cooker Gratis ESDM, Mulai Dibagikan Hari Ini

Wike Dita Herlinda
12 December 2023 15:45

Ilustrasi Rice Cooker. (Envato/ leungchopan)
Ilustrasi Rice Cooker. (Envato/ leungchopan)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Penanak nasi atau rice cooker gratis yang dijanjikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akhirnya mulai didistribusikan per hari ini ke 26 provinsi, dengan target penerima tahap awal sebanyak 53.161 rumah tangga.

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman Hutajulu mengatakan program tersebut merupakan amanat dari Peraturan Menteri ESDM No. 11/2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik (AML) bagi Rumah Tangga.

“Terdapat lima merek AML yang memenuhi spesifikasi pada e-katalog dari beberapa badan usaha yang mengikuti proses pengadaan AML, yakni Cosmos, Maspion, Miyako, Sanken, dan Sekai,” papar Jisman melalui siaran pers, Selasa (12/12/2023).  

Adapun, rice cooker yang akan didistribusikan memiliki kapasitas 1,8—2 liter, mencantumkan label Standar Nasional Indonesia (SNI) dan hemat energi, serta memenuhi ketentuan tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

Dia menambahkan data penerima rice cooker gratis tersebut sudah divalidasi kepala desa/lurah atau pejabat daerah, lalu diverifikasi oleh PT PLN (Persero) dan PT PLN Batam.