Logo Bloomberg Technoz

Uji Coba Kolaborasi Tiktok Shop & Tokopedia Maksimal 4 Bulan

Rosmayanti
12 December 2023 13:35

Ilustrasi Tokopedia dan Tiktok (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Tokopedia dan Tiktok (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan kolaborasi TikTok Shop dengan Tokopedia di Indonesia ini akan diuji coba selama tiga hingga empat bulan.

“Kami lagi berikan masa tiga sampai empat bulan percobaan karena teknologi itu kan tidak mudah. Kita lihat perkembangannya agar disempurnakan. Nanti pada saatnya kita akan menilai,” kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat peluncuran kampanye 'Beli Lokal' Tokopedia-TikTok di Harbolnas 12.12, Selasa (12/12/2023).

Ia mengatakan bahwa kolaborasi TikTok Shop dan Tokopedia bertujuan untuk membantu penjual dan UMKM kembali berdagang di platform tersebut. Zulhas berharap upaya Pemerintah Indonesia untuk membuat TikTok Shop dan Tokopedia menjadi ekosistem e-commerce yang menguntungkan ekonomi Indonesia.

“Mudah-mudahan yang pemerintah lakukan dengan Tokopedia, TikTok, dan lain-lain, bisa membangun ekosistem e-commerce ini bisa sungguh-sungguh memberikan manfaat yang besar bagi pelaku UMKM, bagi kemajuan industri Indonesia, tentu bagi kemajuan ekonomi Indonesia,” kata Zulhas.

TikTok Shop sebelumnya tutup pada Oktober efek rilisnya aturan Menteri Perdagangan baru PPMSE, di mana terdapat kewajiban pemisahan platform e-commerce dan media sosial.