Logo Bloomberg Technoz

Berdasarkan data KPU, partai pengusung Prabowo-Gibran yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) unggul di 5 dari 6 provinsi yang menjadi lumbung suara. KIM sendiri adalah koalisi gemuk dengan anggota Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Garuda, dan Partai Gelora.

"Daerah-daerah tersebut memang basis kekuatan Prabowo," kata Pengamat Politik BRIN, Lili Romli saat dihubungi Bloomberg Technoz, Senin (4/12/2023).

KIM hanya kalah dengan Koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Jawa Tengah. Koalisi yang mengusung Ganjar Pranowo dan Mohammad Mahfud MD ini berisi PDIP, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hanura.

Sedangkan anggota Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) tercatat sama sekali tak unggul di seluruh lumbung suara tersebut. Koalisi pengusung Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar ini terdiri dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Nasdem, dan Partai Ummat.

Berdasarkan data KPU, KIM menguasai 51,27% suara di Jawa Barat; 48,98% suara di Banten; 47,28% suara di Sumatra Utara; 44,06% suara di DKI Jakarta; dan 36,42% suara di Jawa Timur.

Di Jawa Tengah, gabungan suara partai KIM pada Pemilu 2019 hanya kalah tipis dari partai koalisi PDIP. Mereka mengantongi 34,98% suara; sedangkan PDIP cs meraih 35,93%.

Sedangkan KPP selalu berada di posisi paling bawah dengan rata-rata perolehan suara sebesar 24-30%. PKB cs hanya berhasil berada di posisi kedua pada perolehan suara di Jawa Timur. Mereka mencatat raihan 34,62% atau lebih tinggi dari koalisi PDIP yang hanya memiliki 26,12% suara pada Pemilu 2019.

Simak selengkapnya di Edisi Khusus Bloomberg Technoz Peta Kekuatan di Enam Lumbung Suara Pemilu 2024

(red/dba)

No more pages