Logo Bloomberg Technoz

Ahmad Dofiri sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri. Dia juga sempat menjadi kapolda di Jawa Barat, DI Yogyakarta dan Banten. Kapolri sendiri pernah menggantikan posisi Dofiri saat menjadi kapolda Banten pada akhir 2016. 

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Nama Dofiri sering disebut saat kapolri menunjuknya dalam tim khusus (timsus) pengungkapan kasus pembunuhan terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Selain itu, kapolri juga menunjuknya sebagai Ketua Komisi Etik Polri atau KKEP saat memeriksa pelanggaran kode etik Ferdy Sambo dalam kasus tersebut. Dalam sidang etik, Dofiri dan majelis memecat Ferdy dari keanggotaan Polri secara tak hormat.

"Ke depan, kita sudah masuk dalam tahapan pemilu yang tentunya kita butuhkan effort yang luar biasa dari institusi Polri. Kuncinya kepercayaan publik harus kita raih kembali," Listyo.

Posisi Dofiri sebagai Kabaintelkam kemudian digantikan oleh Irjen Wahyu Widada. Perwira tinggi bintang dua tersebut sebelumnya menjabat sebagai asisten SDM Kapolri.

(frg/ezr)

No more pages