Logo Bloomberg Technoz

Komjen Ahmad Dofiri yang Memecat Ferdy Sambo Jadi Irwasum Polri

01 March 2023 15:30

Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Irwasum Polri dari Komjen Agung Budi Maryoto ke Komjen Ahmad Dofiri. Selasa (28/2/2023). (Dok. Humas Polri)
Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Irwasum Polri dari Komjen Agung Budi Maryoto ke Komjen Ahmad Dofiri. Selasa (28/2/2023). (Dok. Humas Polri)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melantik Komisaris Jenderal (Komjen) Ahmad Dofiri sebagai Inspektur Pengawasan Umum Polri atau Irwasum yang baru. Lulusan terbaik atau Adi Makayasa Polri 1989 tersebut menggantikan Komjen Agung Budi Maryoto yang memasuki masa pensiun dan menjadi perwira tinggi atau pati Itwasum.

Dalam pidatonya, kapolri meminta Agung dan jajaran Itwasum bekerja keras untuk mendapatkan kembali kepercayaan dari masyarakat.

“Harus kita terus gelorakan. Ini PR yang harus terus kita kerjakan bersama. Sehingga kita bisa segera reborn, mengembalikan kepercayaan publik,” kata Listyo seperti dilansir Humas Mabes Polri, Selasa (28/2/2023).

Korps Bhayangkara memang mendapat pukulan telak saat sejumlah kasus melibatkan para jenderal di institusi tersebut tahun lalu. Beberapa polisi berbintang sempat terlibat dalam kasus penjualan narkoba dan izin tambang.

Puncaknya, saat mantan Kepala Divisi Profesi Pengamanan (Kadiv Propam) Inspektur Jenderal Ferdy Sambo merancang kebohongan usai menembak ajudannya Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J pada Juli 2022.