Logo Bloomberg Technoz

Anies & Ganjar Dialog dengan Pengusaha, Prabowo Batal Hadir

Muhammad Fikri
11 December 2023 21:05

Prabowo Subianto & Gibran Rakabuming Raka saat deklarasi kampanye pemilu damai di KPU, Senin (27/11/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Prabowo Subianto & Gibran Rakabuming Raka saat deklarasi kampanye pemilu damai di KPU, Senin (27/11/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menggelar kegiatan Dialog Capres dengan tema "Roadmap Perekonomian Indoensia 2024-2029". Apindo mengundang tiga calon presiden (capres) yakni Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. Namun Prabowo batal hadir di acara tersebut pada saat-saat terakhir sekalipun sudah dijadwalkan dalam publikasi bahwa dia akan berbicara pada pukul 19.00 WIB.

"Batal hari ini (Prabowo), akan diumumkan waktunya," disampaikan pihak panitia Dialog Capres Apindo pada saat dikonfirmasi ulang di Jakarta, Senin (11/12/2023).

Apindo menggelar kembali kegiatan dialog capres yang sudah dilakukan pada 5 tahun lalu pada 2019. Hal ini dianggap perlu memberikan gambaran roadmap perekonomian dan ditujukan untuk memberikan rekomendasi perubahan kebijakan, kelembagaan dan juga tata kelola.

Dialog capres yang dilaksanakan Apindo dengan lima tema yakni:
- Kepastian hukum serta perbaikan kelembagaan dan koordinasi
- Kebijakan terkait peran teknologi dan SDM untuk mendukung lompatan produktivitas 
- Optimalisasi kebijakan industri perdagangan, investasi dan persaingan sehat
- Adopsi ESG oleh bisnis dan mengembangkan industri hijau
- Keberadaan infrastruktur transisi energi dan tersedianya sarana prasarana digital.

Anies hadir di acara tersebut sekitar pukul 10.00 WIB sesuai dengan jadwal kehadiran yang ditentukan. Kemudian dilanjutkan sesi Ganjar pada pukul 12.00 WIB. Sedianya sesuai jadwal Prabowo akan hadir pada sesi pukul 19.00 WIB tetapi kemudian dari panitia menyebut Prabowo batal hadir.