Logo Bloomberg Technoz

Peningkatan kekuatan jaringan dan siaga 1x24 jam, kata Usman, akan dilakukan pada periode 24 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.  

Selain opsel, Usman mengatakan Kominfo juga melakukan berbagai persiapan infrastruktur digital saat Nataru 2023/2024. Pertama, Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kominfo akan melakukan pemantauan (monitoring) spektrum frekuensi di beberapa titik, mulai dari pelabuhan, bandara dan terminal yang akan mengalami peningkatan traffic. 

“Langkah ini dilakukan untuk memastikan tidak terjadi gangguan dari peningkatan traffic saat Nataru,” ujarnya. 

Kedua, Kominfo juga melakukan optimasi kualitas dan kapasitas jaringan di titik keramaian, seperti jalur mudik, pusat perbelanjaan, pusat transportasi, tempat wisata, tempat ibadah, hingga pemukiman dengan pertumbuhan traffic broadband yang signifikan. 

“Dan lebih penting kita menambah mobile BTS di pusat-pusat keramaian, tempat wisata serta ruang-ruang publik,” pungkasnya. 

Ketiga, Kominfo melakukan rehearsal test jaringan komunikasi dan drive test di sepanjang jalur mudik untuk memastikan kualitas layanan tetap terjaga. 

(dov/spt)

No more pages