Logo Bloomberg Technoz

BPK Sebut Jokowi Minta Sri Mulyani Tindaklanjuti Hasil Audit

Redaksi
11 December 2023 15:03

Sri Mulyani menghadiri event G20 High Level Tax Symposium on Combatting Tax Evasion, Corruption and Money Laundering di India (Instagram @smindrawati)
Sri Mulyani menghadiri event G20 High Level Tax Symposium on Combatting Tax Evasion, Corruption and Money Laundering di India (Instagram @smindrawati)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk menindaklanjuti hasil temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Menurut Jokowi, Bendahara Negara merupakan koordinator penindaklanjut hasil audit kinerja kementerian/lembaga (K/L). Hal itu disampaikan Kepala Negara saat menerima Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) I Tahun 2023 dari BPK RI di Istana Merdeka, Jakarta.

"Arahan presiden kepada BPK adalah untuk selalu memantau berbagai hasil tindak lanjut dari K/L. Presiden menugaskan menteri keuangan sebagai koordinator dari penindaklanjut kementerian lembaga yang kami periksa," ujar Anggota I BPK Nyoman Adhi Suryadnyana, dikutip Senin (11/12/2023).

Dia menjelaskan, salah satu yang perlu ditindaklanjuti adalah terkait penekanan kegiatan yang dilaksanakan secara ekonomis, efektif, dan efisien. Presiden Jokowi menilai bahwa di tengah situasi ketidakpastian di global, hal yang paling penting untuk dilakukan di dalam negeri adalah melaksanakan kegiatan secara ekonomis, efisien, dan efektif.

Sebagai informasi, IHPS I meliputi pemeriksaan laporan keuangan, pemeriksaan kinerja, dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu.