Logo Bloomberg Technoz

Berita ini datang ketika saham Jepang mundur dari level tertinggi tiga dekade yang dicapai awal tahun ini, dengan tanda-tanda bahwa negara ini keluar dari deflasi sementara perusahaan lebih fokus pada peningkatan nilai pemegang saham. Indeks Nikkei 225 mengalami salah satu minggu terburuknya pada 2023 hingga 8 Desember, karena lonjakan yen mengancam merugikan keuntungan ekspor, sementara spekulasi meningkat bahwa Bank of Japan akan menaikkan suku bunga, memicu kekhawatiran bahwa biaya pinjaman akan meningkat.

Indeks saham sponsor. (Sumber: Bloomberg)

Kose, produk perawatan kulitnya dipromosikan oleh Ohtani, telah tampil di bawah indeks Topix tahun ini karena permintaan China yang lemah akibat perlambatan ekonomi dan pelepasan air limbah radioaktif yang diolah di Fukushima. Seiko, yang menjual jam tangan yang dinamai sesuai dengan bintang baseball tersebut, juga tertinggal dari pasar secara umum.

Meskipun kunjungan wisatawan asing ke negara asal Ohtani pulih kembali ke tingkat sebelum pandemi Covid, saham Japan Airlines juga tertinggal karena kekhawatiran harga bahan bakar yang lebih tinggi dan yen yang masih lemah akan memberikan tekanan pada pendapatan. Sementara itu, MUFG, yang memiliki halaman web yang didedikasikan untuk atlet tersebut, telah melampaui kinerja Topix ketika sektor tersebut melonjak dengan harapan bahwa keuntungan pemberian pinjaman bank akan mendapatkan dorongan jika BOJ menaikkan suku bunga.

Menurut Katsuhiro Miyamoto, seorang profesor di Universitas Kansai di Jepang bagian barat, secara lebih luas, kesuksesan luar biasa Ohtani telah mendorong peningkatan pariwisata untuk melihat pemain tersebut dan penjualan barang dagangan yang menampilkan dirinya, antara manfaat lainnya. 

Miyamoto juga menuliskan dalam laporannya, pindahnya Ohtani ke Dodgers akan memiliki dampak ekonomi sekitar 64,3 miliar yen (US$437 juta) pada tahun depan, lebih besar daripada efek sekitar 50 miliar yen jika dia tetap di Los Angeles Angels.

Ohtani, yang kemampuannya yang unik untuk melempar dan memukul dengan baik telah membuatnya menjadi bintang sejak pindah ke Amerika Serikat pada tahun 2018, tahun ini meraih penghargaan American League Most Valuable Player-nya yang kedua. 

Sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah memasuki pasar agen bebas MLB, Ohtani dikejar oleh beberapa tim, termasuk Toronto Blue Jays dan Chicago Cubs. Pelempar dalam bisbol profesional era modern di Amerika Serikat cenderung menghabiskan sedikit waktu untuk berlatih pukul, sehingga kemampuan Ohtani menjadi menonjol.

(bbn)

No more pages