Logo Bloomberg Technoz

Nilai Transfer Shohei Ohtani ke Dodgers Cetak Rekor Tembus Rp10 T

News
11 December 2023 15:30

Shohei Ohtani pemain baru LA Dodgers. (Sumber: Bloomberg)
Shohei Ohtani pemain baru LA Dodgers. (Sumber: Bloomberg)

Aya Wagatsuma - Bloomberg News

Bloomberg, Bintang baseball asal Jepang, Shohei Ohtani baru saja mencetak rekor kontrak senilai US700 juta dengan Los Angeles Dodgers. Nilai kontrak ini juga bisa menjadi berkah bagi para sponsor korporatif, yang sahamnya sebagai besar tampil kurang baik tahun ini.

Kontrak ini merupakan yang terbesar sepanjang sejarah olahraga Amerika Utara, menurut MLB.com. Ini akan membuat Ohtani semakin terkenal, membantu memasarkan produk dan layanan dari pendukung korporatifnya, termasuk Mitsubishi UFJ Financial Group Inc., Japan Airlines Co., Kose Corp., dan Seiko Group Corp.

Sebagian besar saham sponsor tersebut mengalami kenaikan pada pagi hari Senin, dengan Kose melonjak sebanyak 2,9% dan Seiko naik 2,6%, mengungguli kenaikan indeks benchmark Topix sebesar 1,6% hingga pukul 10:05 pagi di Tokyo. MUFG juga naik sebesar 1,9%, sementara JAL turun sebanyak 1,7% setelah mengalami lonjakan minggu lalu akibat proyeksi industri yang optimis.

Ohtani, 29 tahun, diibaratkan sebagai Babe Ruth yang legendaris karena kemampuannya mencetak home run dan melempar pada tingkat elit, juga membantu meningkatkan harga saham sponsor di masa lalu. Setelah ia menjadi pemain pertama dalam hampir 100 tahun yang memulai pertandingan sebagai pelempar sambil memimpin Major League Baseball dalam home run pada April 2021, keranjang bobot sama dari lima sponsor nya mengungguli Bloomberg World Apparel Index dan Topix Index dalam beberapa bulan berikutnya.