Logo Bloomberg Technoz

Zulhas: Seller Boleh Jualan Lagi di TikTok Shop Harbolnas 12.12

Dovana Hasiana
11 December 2023 14:00

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan. (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)
Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan. (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)

Bloomberg Technoz, Jakarta — Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan berharap kemitraan strategis antara TikTok dan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk dapat segera kembali membuka jalan bagi penjual skala kecil untuk bisa berniaga di TikTok Shop tanpa takut terjadi pemberedelan platform seperti sebelumnya. 

Zulhas, sapaan akrabnya, memastikan para penjual (seller) bisa kembali berdagang di TikTok Shop Indonesia pada Selasa (12/12/2023), atau saat Harbolnas 12.12; dengan dikoordinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas Tokopedia. 

“Ya mudah-mudahan teman-temen seller besok bisa berjualan lagi, itu intinya, besok sudah jualan lagi,” ujar Zulhas saat ditemui di Gedung Kementerian Perdagangan, Senin (11/12/2023).

Bagaimanapun, Zulhas tidak menjawab ketika ditanya apakah TikTok dan GoTo telah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Kementerian Perdagangan ihwal kemitraan tersebut. 

Di sisi lain, hari ini Zulhas juga melakukan pertemuan dengan sejumlah influencer yang sempat bekerja sama dengan TikTok. Mereka mengeluhkan kondisi karena para influencer - yang sebagian juga merupakan pelaku usaha - tidak bisa berjualan di TikTok Shop pasca berhenti beroperasi pada Rabu (4/11/2023).