Logo Bloomberg Technoz

Rekomendasi Saham EXCL Usai Berencana Akuisisi Aset LINK

Mis Fransiska Dewi
11 December 2023 10:50

Ilustrasi XL Axiata. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi XL Axiata. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Analis CGS CIMB Sekuritas Indonesia Bob Setiadi memasang sikap bullish terhadap saham PT XL Aiata Tbk (EXCL). Ini didasari oleh rencana operator yang berbasis di Malaysia itu untuk mengakuisisi sejumlah aset PT Link Net Tbk (LINK).

Seperti diketahui, XL Axiata (EXCL) pada 6 Desember 2023 menandatangani non binding agreement (NDA) untuk mengakuisisi 750.000 pelanggan broadband Link Net (LINK). Pada saat yang bersamaan, XL Axiata (EXCL) juga akan mengambilalih 2 juta home pass dari Link Net (LINK).

"Belum ada detil nilai transaksi perjanjian itu. Namun, pada tahap ini, rencana akuisisi itu akan menghilangkan overhang sekaligus mengurangi beban capex EXCL," jelas Bon dalam riset, dikutip Senin (11/12/2023).

Dengan beban belanja modal atau capital expenditure (capex) yang berkurang, XL Axiata (EXCL) bisa fokus untuk mengejar strategi bisnis fixed mobile convergence (FMG).

Meski belum ada detil nilai transaksi, Bob menambahkan, akuisisi tersebut berdampak material terhadap Link Net (LINK), karena lebih dari 50% ekuitas Link Net yang sebesar Rp4,6 triliun per akhir kuartal III-2023.