Logo Bloomberg Technoz

PM Jepang akan Ganti 15 Menteri Terkait Skandal Dana Gelap

News
11 December 2023 10:00

PM Jepang Fumio Kishida (Sumber: Bloomberg)
PM Jepang Fumio Kishida (Sumber: Bloomberg)

Isabel Reynolds dan Yuki Hagiwara - Bloomberg News

Bloomberg, Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida akan mengganti sebanyak 15 menteri dan menteri junior. Mengutip surat kabar Asahi, langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk menangani dampak dari skandal dana gelap yang mengancam kelumpuhan pemerintahannya.

Laporan mengenai pembersihan seluruh pejabat dari faksi Partai Demokrat Liberal yang sebelumnya dipimpin oleh mantan PM Shinzo Abe datang ketika muncul kecurigaan bahwa kelompok tersebut secara sistematis menyembunyikan dana politik. Menurut laporan media tersebut pada Minggu (10/12/2023), Kishida juga berencana memecat anggota faksi Abe dari posisi senior partai.

"Saya akan mengambil tindakan yang tepat pada waktu yang tepat, untuk menghindari penundaan dalam pengelolaan pemerintahan," kata Kishida kepada wartawan pada hari Senin, menolak untuk memberikan komentar lebih lanjut tentang rencananya.

Di antara mereka yang akan digantikan yang paling terkenal adalah Menteri Perdagangan Yasutoshi Nishimura, yang telah membantu mendorong rencana Jepang untuk mendapatkan kembali statusnya sebagai produsen chip kelas dunia.