Logo Bloomberg Technoz

Klarifikasi Terbaru GOTO soal Investasi TikTok di Tokopedia

Rosmayanti
11 December 2023 09:25

Ilustrasi TikTok dan Tokopedia (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)
Ilustrasi TikTok dan Tokopedia (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) resmi mengumumkan kemitraan strategis yang menguntungkan dengan TikTok untuk layanan digital ekonomi di Indonesia.

Keduanya menyepakati aliansi yang sebelumnya telah dikabarkan mencapai kesepakatan informal. Aliansinya kedua perusahaan diklaim akan mendukung pertumbuhan ekonomi sektor UMKM.

TikTok berinvestasi senilai US$1,5 miliar (sekitar Rp23,2 triliun), dan secara langsung anak usaha perusahaan teknologi asal China ByteDance Ltd ini akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia.

“Sebagai bagian dari kemitraan strategis tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia,” tulis GOTO dalam keterangan resminya.

“Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia. TikTok akan menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar, sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia.”