Logo Bloomberg Technoz

IHSG Dibuka Melemah 0,38% Saat GOTO Umumkan Alinasi dengan TikTok

Muhammad Julian Fadli
11 December 2023 09:14

Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Senin (11/12/2023), dibuka melemah. Pada pukul 9:05, indeks kehilangan 27,4 poin atau setara dengan 0,38% ke level 7.132. Pagi ini saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) yang mengumumkan kemitraan dengan TikTok di Indonesia, justru turun 3,7% menjadi Rp104/saham.

Berdasarkan data perdagangan Bursa Efek Indonesia, volume perdagangan tercatat 4,1 miliar saham dengan nilai transaksi Rp1,11 triliun. Adapun frekuensi yang terjadi sebanyak 86.651 kali.

Sebanyak 214 saham menguat dan 170 saham melemah. Sementara, 206 saham tidak bergerak.

Sentimen pada perdagangan hari ini utamanya datang dari global dan regional. Meningkatnya spekulasi pelaku pasar atas perekonomian terbesar di dunia, Amerika Serikat bakal berhasil melewati resesi, pasca rilis data pengangguran November yang mengejutkan, dengan menggagalkan prediksi pasar.

Meskipun kekuatan ekonomi membuat banyak investor tidak terlalu khawatir terhadap terjadinya hard landing, hal ini juga menyiratkan bahwa Bank Sentral AS (Federal Reserve/The Fed) mungkin harus mempertahankan suku bunga lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama.