Logo Bloomberg Technoz

Resmi TikTok Suntik Modal US$1,5 Miliar ke Tokopedia

Rosmayanti
11 December 2023 09:00

Ilustrasi Tokopedia dan Tiktok (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Tokopedia dan Tiktok (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) resmi mengumumkan transaksi investasi TikTok ke Tokopedia Tbk. Tiktok menyuntikan modal lebih dari US$1,5 miliar atau Rp23,25 triliun (kurs US$1=Rp15.500) ke Tokopedia 

Setelah transaksi injeksi modal terjadi kepemilikan TikTok di Tokopedia mencapai 75,1%, sementara kepemilikan GOTO berkurang jadi 24,99%. Termasuk bagian dari kesepakatan ini, ada kesepakatan non dilutif bagi GOTO apabila di kemudian hari TikTok menyuntikan modal lagi Tokopedia.

Dalam pernyataannya, GOTO mengatakan transaksi tersebut diharapkan akan selesai pada kuartal pertama tahun 2024. Kesepakatan  ini sejalan dengan langkah Grup GoTo untuk memperkuat posisi keuangan serta strategi Perseroan  untuk memperluas cakupan pasar (total addressable market). 

"Untuk memastikan keberlanjutan langkah PT Tokopedia dalam mendorong perkembangan ekonomi digital nasional, akan dibentuk komite untuk memfasilitasi transisi dan integrasi yang diketuai oleh Patrick Walujo, dengan dukungan dari perwakilan PT Tokopedia dan TikTok," tulis pernyataan dari GOTO.

GOTO menyatakan kemitraan strategis ini akan diawali dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait. Program yang akan diluncurkan di masa uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal dimulai pada 12 Desember 2023 bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).