Logo Bloomberg Technoz

Saham-Saham AS Diproyeksi Pecahkan Rekor Tertinggi pada 2024

News
11 December 2023 08:50

Para Pialang sedang melakukan transaksi di Bursa saham Amerika Serikat, Wall Street. Fotographer: Michael Nagle/Bloomberg
Para Pialang sedang melakukan transaksi di Bursa saham Amerika Serikat, Wall Street. Fotographer: Michael Nagle/Bloomberg

Farah Elbahrawy dan Sagarika Jaisinghani - Bloomberg News

Bloomberg, Indeks S&P 500 diproyeksikan mencapai rekor tertinggi pada 2024 karena Amerika Serikat (AS) diyakini terhindar dari resesi, meskipun konsumen yang lebih lemah berarti indeks tersebut memperoleh keuntungan kurang dari lonjakan 20% tahun ini, menurut survei Markets Live Pulse terbaru dari Bloomberg.

Median dari 518 responden memperkirakan S&P 500 akan naik menjadi 4.808 poin pada tahun depan – melampaui puncak penutupan sebelumnya sebesar 4.797 yang dicapai pada Januari 2022 – dan imbal hasil Treasury 10-tahun turun menjadi 3,8% dari level tertinggi tahun ini sebesar 5%.

Lebih dari dua pertiga responden mengindikasikan bahwa mereka tidak melihat penurunan perekonomian yang sulit sebagai risiko utama bagi pasar dan mayoritas memperkirakan penurunan suku bunga Federal Reserve akan dimulai sebelum Juli.

Saham-saham AS diproyeksi moncer pada 2024./dok. Bloomberg

“Eksepsionisme AS masih tetap berlaku,” kata Aneeka Gupta, direktur penelitian makroekonomi di WisdomTree. “Pendorong utamanya adalah latar belakang ekonomi yang lebih menguntungkan dibandingkan dengan China dan Eropa, peningkatan estimasi pendapatan dan penilaian yang lebih murah untuk S&P 500 dengan bobot yang sama.”