Logo Bloomberg Technoz

Pembatasan Covid Berakhir, Ekonomi China Pulih

News
01 March 2023 13:11

Aktivitas di Sebuah Pabrik Garmen di Guangzhou (Sumber: Bloomberg)
Aktivitas di Sebuah Pabrik Garmen di Guangzhou (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News 

Bloomberg, Menyusul pelonggaran kebijakan covid, ekonomi China semakin menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan yang kuat. Untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade, sektor manufaktur berkembang, aktivitas jasa naik, dan harga perumahan stabil.

Biro Statistik Nasional Republik Rakyat Tiongkok (National Bureau of Statistics/NSB) mengatakan pada hari Rabu (01/03/2023), Indeks Manajer Pembelian (Purchasing Managers Index/PMI) manufaktur naik menjadi 52,6 bulan lalu. Indeks tersebut menjadi yang tertinggi sejak April 2012. Aktivitas pengukuran indeks non-manufaktur baik di sektor jasa dan konstruksi meningkat menjadi 56,3. Kedua indeks tersebut melampaui ekspektasi para ekonom.

PMI manufaktur China naik ke level tertinggi sejak April 2012 (Sumber: Bloomberg)

PMI China memberikan data komprehensif pertamanya sejak pembatasan covid-19 dicabut akhir tahun lalu tentang pemulihan ekonomi negara. Pasca liburan Tahun Baru Imlek, gelombang pandemi mulai mereda dan bisnis pun kembali normal. Dengan adanya tanda-tanda pemulihan ekonomi, para pembuat kebijakan akan memiliki posisi yang baik sebelum Kongres Rakyat Nasional (National People’s Congress/NPC)l minggu depan, di mana target pertumbuhan baru akan diumumkan.

Menurut Zhou Hao, kepala ekonom di Guotai Junan International, meskipun ada faktor musiman dan peristiwa yang signifikan yang memengaruhi angka PMI, tren keseluruhan masih menunjukkan pemulihan yang solid pada awal 2023. Peningkatan PMI memberikan catatan positif untuk NPC mendatang. Pemerintah diharapkan dapat meluncurkan kebijakan dukungan lebih lanjut untuk memperkuat pemulihan.