Logo Bloomberg Technoz

Sementara itu Fraksi LDP menerapkan bahwa setiap anggotanya menjual sejumlah tiket untuk acara penggalangan dana. Adapun pendapatan dari setiap tiket yang terjual melebihi target dikembalikan kepada masing-masing anggota parlemen. Jika tiket pesta senilai lebih dari ¥200,000 ($1,360) dibeli oleh seseorang atau kelompok, jumlah tersebut harus didaftarkan secara resmi sebagai sumbangan agar tidak melanggar hukum.

Kishida akan mengumumkan perombakan kabinet dan posisi partai dalam segera, laporan Asahi. Laporan tersebut muncul setelah skandal tersebut mendominasi topik pernyataan pemerintah dan sesi komite parlemen pada hari Jumat lalu. 

Skandal-skandal sebelumnya telah membebani pemerintahan Kishida. Sementara survei menunjukkan para pemilih tidak puas terhadao Kishida yang dianggap melindungi demi dalih kepentingan pengelolaan dampak inflasi. Kebijakan Kishida antara lain termasuk memperluas subsidi bensin dan utilitas hingga musim semi 2024 dan  memerintahkan potongan pajak. Ada juga bantuan untuk rumah tangga berpendapatan rendah.

Belum lama ini, sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh surat kabar Mainichi pada bulan November, kepercayaan terhadap kabinet Kishida telah merosot hingga 21%. Angka ini terendah bagi seorang perdana menteri Jepang sejak tahun 2011.

Sementara itu laporan pada 8 Desember menunjukkan perekonomian Jepang justru mengalami penurunan lebih cepat setelah puncak pandemi.

(bbn)

No more pages