Logo Bloomberg Technoz

Bertambah Jumlah Menteri Dipecat PM Jepang karena Skandal Duit

News
10 December 2023 10:25

PM Jepang Fumio Kishida (Sumber: Bloomberg)
PM Jepang Fumio Kishida (Sumber: Bloomberg)

Isabel Reynolds-Bloomberg News

Bloomberg, Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida akan memecat menteri lagi yakni anggota kabinetnya dan tiga pejabat partai yang berkuasa, diberitakan surat kabar Asahi. Pemecatan dilakukan karena adanya skandal pendagaan gelap mengancam kinerja pemerintahan.

Nama menteri yang akan dicopot yakni Menteri Perdagangan Yasutoshi Nishimura, figur yang sebelumnya dianggap membantu mendorong rencana Jepang untuk mendapatkan kembali statusnya yang hilang sebagai pembuat cip kelas dunia. Dua pejabat senior di Partai Demokrat Liberal (LDP) lainnya akan diganti dan pejabat ketiga mungkin akan ditambahkan ke dalam daftar, kata surat kabar itu. Hal itu terjadi hanya sehari setelah Menteri Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno diberitakan mengundurkan diri.

Kemarahan pemilih atas skandal tersebut diprediksi akan menurunkan pamor publik Kishida padahal dalam jajak pendapat yang ada, paringkat pamor Kishida sebagai PM sudah cukup turun dalam satu dekade. Oleh karena itu meskipun pemilihan umum tidak hingga tahun 2025, LDP dapat memilih untuk mengganti Kihisda ketika masa jabatannya sebagai pemimpin partai berakhir bahkan lebih awal.

Ketua Dewan Riset Kebijakan LDP, Koichi Hagiuda dan Tsuyoshi Takagi, Ketua Komite Urusan Pangan partai tersebut akan diganti, kata surat kabar itu, mengutip pejabat pemerintah yang tak disebutkan namanya. Kishida juga dikatakan mempertimbangkan untuk menggantikan Hiroshige Seko yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal LDP di Majelis Tinggi Parlemen.