Logo Bloomberg Technoz

Usman Hamid: Demokrasi Alami Represi

Sultan Ibnu Affan
09 December 2023 20:30

Direktur Eksekutif Amnesty Internasional Indonesia Usman Hamid saat orasi dalam Panggung Rakyat 'Bongkar' di GBK. (Dok. Istimewa)
Direktur Eksekutif Amnesty Internasional Indonesia Usman Hamid saat orasi dalam Panggung Rakyat 'Bongkar' di GBK. (Dok. Istimewa)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Aktivis pegiat hak asasi manusia (HAM) Usmad Hamid menilai demokrasi di Era Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat ini kian tergerus.

Keresahan itu ia sampaikan dalam orasinya di acara Panggung Rakyat bertajuk 'Bongkar' yang digelar oleh  oleh Aliansi Selamatkan Demokrasi Indonesia (ASDI) di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (9/12/2023).

"Kita di sini berkumpul karena demokrasi kita mengalami regresi, mengalami represi. Kebebasan berekspresi direpresi" ujar Usman dalam orasinya di hadapan ribuan massa yang telah hadir memadati lokasi.

Pasalnya, Direktur Eksekutif Amnesty Internasional Indonesia itu mengatakan, melalui kekuasaan Jokowi, pengawasan rakyat melalui lembaga-lembaga legislatif hingga yudikatif kian dilemahkan.

Selain itu, dia juga membebeberkan beberapa contoh kasus yang dinilai mencederai demokrasi dan HAM. "Kasus Haris Azhar, Budi Pego di Jawa timur, Bang Long di Rempang, Mama Yosepha di Papua, dan terakhir adalah kasus Butet Kartaredjasa; memperlihatkan bahwa kekuasaan sedang resah karena rakyatnya mulai bicara," ujar dia.