Logo Bloomberg Technoz

Informasi mengenai potensi kolaborasi TikTok dan Tokopedia pertama kali dihembuskan oleh Riset Maybank Sekuritas pada 17 Oktober 2023. Dinamika informasi pun terjadi dan terakhir Bloomberg News menurunkan artikel bahwa TikTok telah mencapai kesepakatan untuk berinvestasi di Tokopedia.

Pergerakan saham GOTO selama kabar ini santer bergulir di pasar sangat fluktuatif. Ketika pertama kali kabar ini pecah pada Rabu lalu, GOTO malah kehilangan hampir 10% nilai sahamnya. 

Namun, pada hari ketika pihak manajemen memberi konfirmasi terkait rencana duet tersebut, saham GOTO berhasil bangkit. Pada penutupan perdagangan Jumat (8/12/2023), saham GOTO terapresiasi 13 poin atau setara dengan kenaikan 13,68% ke level Rp108/saham.

Pandangan JPMorgan

Perusahaan sekuritas ternama JPMorgan membedah potensi binsis e-commerce Indonesia saat TikTok telah resmi beraliansi dengan GOTO lewat investasi di unit bisnis Tokopedia.

JPMorgan memprediksi industri marketplace akan dinamis seiring dengan peluang besar masuknya kembali TikTok Shop ke pasar e-commerce Indonesia. 

“Rivalitas antara pemain e-commerce  kemungkinan akan semakin ketat dalam enam bulan ke depan,” tulis salah satu kalimat yang ditekankan JPMorgan dalam laporannya di akhir November, dikutip, Jumat (8/12/2023).

JPMorgan merujuk cara pandang manajemen GOTO saat menyampaikan laporan kuartal III-2023 beberapa waktu sebelumnya, yakni di sisa kuartal ini persaingan mungkin akan meningkat saat musim belanja dan liburan akhir tahun. Bahkan, ketatnya persaingan bisa berlanjut hingga awal tahun depan.

“Karena musim perayaan Ramadhan datang pada awal tahun depan, dengan puasa dimulai pada Maret, dan perayaan Idul Fitri pada April 2024. Masuknya kembali TikTok Shop ke pasar mungkin semakin mengintensifkan persaingan,” jelas JPMorgan, yang disusun oleh tim riset termasuk kepala analis dan strategi, Henry Wibowo.

JPMorgan memfokuskan pada bunyi kesepakatan; akan seperti apa struktur aliansi dari keduanya, dan jika terjadi investasi langsung bagaimana kepemilikannya, valuasinya, dan tata kelola di dalam Tokopedia pasca aksi korporasi, bagaimana pembagian ekonomi dan investasi pasca kesepakatan kemitraan, dan apakah akan ada dilusi lanjutan dari saham GOTO di Tokopedia/JV. 

“Dengan asumsi kapitalisasi pasar GOTO saat ini sebesar US$6,5 miliar dan Tokopedia memiliki 50% dari nilai tersebut, harga patokan untuk menentukan valuasi kesepakatan berada di kisaran ~US$3,25 miliar," papar JPMorgan.

Sebelumnya Henry Wibowo menyatakan, rivalitas antar pemain e-commerce bisa jadi sirna dan berganti menjadi sekutu saat memiliki kepentingan sejalan. Dalam pandangan berbagai analis, gabungan TikTok Shop dan Tokopedia akan menjadi kekuatan baru yang  berpotensi mengubah lanskap belanja online di Indonesia.  

Yang jelas 125 juta user aktif TikTok akan jadi bekal berharga bagi Tokopedia untuk memenangkan persaingan di pasar domestik, khususnya saat melawan dua platform asal China, Shopee dan Lazada. TikTok unggul dalam menghasilkan trafik yang signifikan selama menjalankan bisnis e-commerce TikTok Shop. Hal ini secara otomatis mendorong pertumbuhan nilai transaksi (GMV).

“Kemampuan ini dapat menguntungkan Tokopedia dan membantunya mendapatkan pangsa pasar momentum melawan para pesaing,” tulis JPMorgan. Akan tetapi, penting diketahui bahwa e-commerce yang didukung media sosial juga mendorong peningkatan beban biaya meski positif terhadap GMV.

(red)

No more pages