Logo Bloomberg Technoz

Masuk Maret, Harga Beras hingga Bawang Masih Tak Terkendali

Wike Dita Herlinda
01 March 2023 12:00

Pedagang melayani pembeli cabai di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Kamis (23/2/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pedagang melayani pembeli cabai di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Kamis (23/2/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta — Harga berbagai komoditas pangan strategis terpantau masih bertengger di zona stabil tinggi. Mayoritas bahan pokok di tingkat eceran mengalami kenaikan harga mingguan secara nasional, menunjukkan risiko inflasi volatile food yang terus menganga.

Sampai dengan Rabu (01/03/2023) tengah hari, data terakhir di Panel Harga Badan Pangan Nasional (Bapanas) masih memperlihatkan rapor merah pada sejumlah komoditas pangan pokok, seperti beras, kedelai, bawang merah dan putih, cabai-cabaian, gula, tepung, hingga daging ayam dan sapi.

Harga beras premium mengalami kenaikan mingguan 0,52% secara nasional di tingkat eceran menjadi Rp13.550/kg, meski beras medium mulai menunjukkan penurunan pekanan sebesar 0,25% menjadi Rp11.800/kg.

Inflasi pada Ramadan ini perlu dikelola dengan mengendalikan harga-harga komoditas pendorong inflasi.

Direktur Diseminasi Statistik BPS Pudji Ismartini

Bagaimanapun, harga-harga tersebut tetap jauh lebih tinggi dari harga eceran tertinggi (HET) beras yang ditetapkan pemerintah di wilayah Jawa, Lampung, dan Sumatra senilai Rp9.450/kg untuk beras medium dan Rp12.800/kg untuk tipe premium. 

Adapun, ketentuan mengenai harga acuan beras termaktub dalam Peraturan Menteri Perdagangan No. 57/2017 tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi Beras.