Logo Bloomberg Technoz

Susi Pudjiastuti Minta OPM Bebaskan Pilotnya Tanpa Syarat

Sultan Ibnu Affan
01 March 2023 12:06

Pendiri Susi Air, Susi Pudjiastuti (tengah) saat konferensi pers penyanderaan Pilot Susi Air oleh KKB Papua. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)
Pendiri Susi Air, Susi Pudjiastuti (tengah) saat konferensi pers penyanderaan Pilot Susi Air oleh KKB Papua. (Bloomberg Technoz/ Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemilik Susi Air yakni Susi Pudjiastuti angkat bicara soal masih disanderanya pilot Susi Air Kapten Phillip Mark Mehrtens di Papua. Dia meminta Kapten Pilot Phil Mehrtens yang hingga saat disandera oleh Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) yang merupakan bagian Organisasi Papua Merdeka (OPM) dibebaskan.

"Kita semua prihatin berduka, kita tetap berharap dan berdoa pilot kita bisa dibebaskan tanpa syarat kalau bisa," kata Susi dalam konferensi pers di Jakarta Timur, Rabu (1/3/2023).

Susi mengatakan soal perjuangan kemerdekaan memang menjadi ranah pribadi. Namun melakukan hal tersebut dengan merebut kemerdekaan orang lain amat tidak bijak. 

"Phil Mertens, saya ingat sebelum dia resign dari Susi Air pada 2015, dia adalah salah satu pilot terbaik saya. Kemudian dia resign, 2 tahun lalu kembali. Dia menikah dengan orang Pangandaran. Istrinya juga bekerja di Susi Air, jadi sangat dekat, dan anaknya sangat baik," kata Susi dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (1/3/2023).

Dia meminta agar penyandera segera membebaskan pilot tersebut.

Pilot Susi Air dalam video yg disebarkan Oleh TPNPB. (Istimewa)