Logo Bloomberg Technoz

Rencana Israel Hancurkan Terowongan Hamas di Sepanjang Jalur Gaza

News
08 December 2023 12:30

Konflik Israel Hamas di wilayah Palestina. (Dok: Bloomberg)
Konflik Israel Hamas di wilayah Palestina. (Dok: Bloomberg)

Antony Sguazzin - Bloomberg News

Bloomberg, Militer Israel menyatakan bahwa misi mereka untuk menghancurkan sekitar 500 kilometer terowongan Hamas di sepanjang Jalur Gaza akan menghabiskan waktu berbulan-bulan. Hal ini menyebabkan kerusakan kota dalam skala besar yang mungkin sulit untuk diperbaiki.

Hasil buruk dari operasi yang berkepanjangan melawan kelompok militan — dengan serangan udara dan pertempuran darat yang berlanjut bersamaan dengan serangan terowongan — kemungkinan akan menyebabkan sekitar 2,2 juta warga Palestina kehilangan tempat tinggal dan menyisakan pertanyaan di mana mereka dapat ditampung.

Di Beit Hanoun, sebuah kota dengan lebih dari 50.000 penduduk di utara Jalur Gaza, daerah kantong Mediterania sepanjang 41 kilometer yang dikelola oleh Hamas, militer Israel telah mulai meledakkan hampir 100 sumur dan beberapa puluh terowongan, kata Letnan Kolonel Amit, yang mengawasi penghancuran tersebut dan menyembunyikan nama belakangnya sesuai dengan aturan militer.

Beit Hanoun termasuk di antara tempat-tempat di mana Hamas melancarkan serangan mengejutkan terhadap Israel yang menewaskan sekitar 1.200 orang pada 7 Oktober, yang memicu invasi balasan yang masih berlanjut. Hamas ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh AS dan Uni Eropa.