Logo Bloomberg Technoz

SatuSehat Sulit Diakses, Kemenkes: Peningkatan Trafik

Ezra Sihite
01 March 2023 11:10

SatuSehat pengganti PeduliLindungi (Twiiter @Plindungi)
SatuSehat pengganti PeduliLindungi (Twiiter @Plindungi)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Aplikasi SatuSehat Mobile yang menggantikan PeduliLindungi susah diakses oleh pengguna pada Rabu (1/3/2023). Perihal kesulitan yang dialami pengguna iOS tersebut kata Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjadi perhatian dan aplikasi sedang ditangani pada saat ini. Chief Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Setiaji mengatakan, hal tersebut juga ada kaitannya dengan peningkatan traffic pengguna yang sedang mengakses SatuSehat.

"Lebih ke peningkatan traffic sehingga sebagian masyarakat tidak bisa log in. Saat ini masalah tersebut sedang dalam penanganan oleh tim teknis kami," kata Setiaji saat dihubungi lewat pesan elektronik, Rabu (1/3/2023).

Oleh karena itu Kemenkes mengimbau agar masyarakat yang sedang membutuhkan menggunakan sertifikat vaksin bisa menunjukkan yang tersimpan secara digital atau bukti fisik. Sementara untuk pesan keluhan bisa ditujukan ke media sosial SatuSehat Mobile yakni akun Twitter @Plindungi.

"Melihat tingginya antusiasme masyarakat yang mengunduh SATUSEHAT Mobile pada hari ini, telah terjadi peningkatan aktivitas akses aplikasi secara bersamaan.  Hal tersebut mengakibatkan munculnya berbagai kendala yang dirasakan oleh sebagian pengguna, baik saat proses log in maupun tampilan tiket dan sertifikat vaksin," demikian diterakan dalam media sosial resmi Kemenkes.

Selain melalui akun media sosial, masyarakat juga bisa melakukan kontak dengan Kemenkes di nomor WhatsApp 0811 1050 0567 atau melalui email helpdesk@Kemkes.go.id.