Logo Bloomberg Technoz

Raja Kripto CZ Harus Tinggal di AS Sampai Hukuman Dijatuhkan

News
08 December 2023 08:20

Changpeng Zhao founder Binance Holdings Ltd. (Dok: Bloomberg)
Changpeng Zhao founder Binance Holdings Ltd. (Dok: Bloomberg)

Peter Blumberg—Bloomberg News

Bloomberg, Pendiri Binance Holdings Ltd Changpeng Zhao tidak dapat kembali ke rumahnya di Uni Emirat Arab sebelum pengadilan Amerika Serikat (AS) memutuskan hukumannya, perintah hakim federal di Seattle.

Zhao atau CZ diketahui telah diputus bersalah atas kejahatannya dalam mengoperasikan bursa exchange Binance di AS. Hakim Distrik AS Richard Jones pada hari Kamis menolak permintaan miliarder ini untuk kembali ke UEA setelah pengakuan bersalahnya pada bulan November.

Pucuk pimpinan bursa mata uang kripto terbesar di dunia dan perusahaannya mengaku gagal menerapkan kebijakan anti pencucian uang dan pelanggaran sanksi AS sebagai bagian dari kesepakatan luas dengan jaksa penuntut yang memungkinkan bursa untuk terus beroperasi.

Zhao, yang mundur dari posisinya sebagai CEO Binance sebagai bagian dari kesepakatan pengakuan bersalah, secara teoritis menghadapi hukuman 10 tahun penjara namun diperkirakan tidak akan lebih dari 18 bulan. Dengan Zhao setuju untuk membayar denda sebesar US$50 juta (sekitar Rp775 miliar)