Logo Bloomberg Technoz

AS Klaim Tak Terbebani Terus Pasok Senjata ke Israel-Ukraina

News
08 December 2023 08:10

Dampak peperangan yang memanas antara Israel vs Hamas. (Dok: Bloomberg)
Dampak peperangan yang memanas antara Israel vs Hamas. (Dok: Bloomberg)

Tony Capaccio - Bloomberg News

Bloomberg,  Pembeli senjata Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) mengatakan persediaan amunisi dan peralatan Angkatan Darat AS belum terbebani oleh penyediaan baik ke Israel maupun Ukraina. Namun, dia memperingatkan situasi tersebut bisa berubah seiring berlanjutnya konflik.

"Kami telah memproduksi berbagai jenis amunisi, mulai dari helikopter hingga artileri" untuk Israel, ujar Douglas Bush, asisten menteri bidang akuisisi pada sebuah jumpa pers di Washington. "Tetapi sejauh ini, tidak ada persaingan langsung dengan apa yang sudah direncanakan untuk dikirim ke Ukraina."

"Jika hal ini berlangsung lebih lama, situasi semacam itu bisa terjadi," katanya dalam acara tersebut, yang diselenggarakan oleh Defense One, penyedia berita keamanan nasional dan pertahanan.

Bush mengatakan AS telah menyediakan Israel dengan persediaan peralatan melalui program Foreign Military Sales, yang dibayar oleh Israel, dan tidak tumpang tindih dengan pasokan yang dikirim ke Ukraina berdasarkan apa yang disebut Presidential Drawdown Authority, yang memungkinkan Gedung Putih untuk mentransfer stok senjata AS yang ada.