Logo Bloomberg Technoz

DPR AS masih Berselisih soal Anggaran, Risiko Shutdown Meningkat

News
08 December 2023 06:15

Gedung DPR AS (Sumber: Bloomberg)
Gedung DPR AS (Sumber: Bloomberg)

Erik Wasson - Bloomberg News

Bloomberg, Ketua Senat Komite Anggaran, Patty Murray, memperingatkan pada Kamis bahwa risiko penutupan sebagian pemerintah atau government shutdown pada 20 Januari semakin meningkat. Kedua partai hingga kini masih berselisih mengenai batas pengeluaran tahunan.

Pokok permasalahannya adalah "kesepakatan sampingan" yang disetujui sebagai bagian dari undang-undang bulan Juni untuk menghindari pelanggaran batas utang AS yang memungkinkan Kongres menggunakan manuver anggaran guna mengalokasikan tambahan US$70 miliar untuk program federal hingga September.

Partai Demokrat menganggap kesepakatan sampingan itu sebagai hal yang mendasar untuk kesepakatan batas utang. Sementara Partai Republik menganggapnya sebagai cara untuk menghindari batasan anggaran yang ada yang perlu diabaikan.

Konflik berlanjut mengenai jumlah pengeluaran tahunan secara keseluruhan, yang diperlukan untuk meloloskan RUU pendanaan setahun penuh. Hal ini mengancam untuk memaksa setidaknya penundaan sebagian pembiayaan pemerintah.