Logo Bloomberg Technoz

DJKA: Penambahan Stasiun WHOOSH di Kopo Baru Sekadar Kajian

Dovana Hasiana
07 December 2023 19:10

Penumpang ujicoba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) tiba di Stasiun KCIC Tegalluar, Jumat (15/9/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Penumpang ujicoba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) tiba di Stasiun KCIC Tegalluar, Jumat (15/9/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Perhubungan mengatakan penambahan stasiun Kereta Cepat Jakarta—Bandung (WHOOSH) di Kopo, Kota Bandung, Jawa Barat masih sebatas kajian.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal mengatakan pembahasan mengenai usulan untuk menambah stasiun WHOOSH telah dilakukan, tetapi dirinya enggan berkomentar lebih banyak karena perlu melakukan kajian secara mendalam, khususnya dengan mempertimbangkan waktu perjalanan dan jarak.

“Sudah kami bahas untuk itu, usulan untuk itu perlu dikaji lebih lanjut, intinya itu dahulu. Kami tidak bisa banyak ngomong sebelum kami kaji,” ujar Risal saat ditemui usai agenda Penandatanganan Kontrak Subsidi Penyelenggaraan LRT Jabodebek Tahun Anggaran 2023, di Stasiun Halim LRT Jabodebek, Jakarta Timur, Kamis (7/12/2023). 

Ketika ditanya perihal landasan dari wacana penambahan stasiun tersebut, Risal mengatakan terdapat usulan untuk membangun stasiun baru WHOOSH di lahan pada salah satu pusat perbelanjaan di Kopo. 

“Itu nanti kami tanya, makanya kami belum sampai situ nih karena ada usulan, ada yang mau menyiapkan [lahan] di Miko Mall itu kalau dimungkinkan, ditawarkan bisa jadi stasiun dan itu perlu kita kaji,” lanjutnya.