Logo Bloomberg Technoz

Dengan kata lain, untuk periode rekomendasi ekspor yang diterbitkan 15 Maret 2022 dan pemeriksaan kemajuan smelter pada September 2021 sampai dengan Februari 2022.

Berdasarkan dokumen Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) I-2023, BPK menemukan laporan hasil verifikasi kemajuan fisik 6 bulanan, sebelum adanya perubahan rencana pembangunan, tidak menggunakan kurva S awal sebagai dasar verifikasi kemajuan fisik.

Berdasarkan izin usaha pertambangan khusus (IUPK) yang diteken pada Desember 2018, PTFI semestinya harus menyelesaikan proyek smelter katoda tembaga single aisle terbesar di dunia itu pada 21 Desember 2023.

Namun, Direktur Utama PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas berdalih pembangunan smelter ini mengalami kendala saat pandemi Covid-19, atau sejak 2020.

"Akibatnya, kami mengajukan kepada pemerintah, bahwa ada keterlambatan proyek ini sebagaimana proyek lain di dunia dan kami mengajukan Kurva-S [yang baru]," ujar Tony dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VII di Kompleks Parlemen, akhir kuartal I-2023.

Untuk diketahui, smelter Manyar merupakan fasilitas pemurnian dan pengolahan konsentrat tembaga kedua milik Freeport yang tengah dibangun di Kawasan Java Integrated Industrial Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur dengan luas total sekitar 100 hektare (ha).

Total investasi smelter Manyar hingga akhir tahun ini diproyeksi mencapai US$2,7 miliar atau sebanding dengan Rp41,87 triliun, asumsi kurs saat ini. Smelter itu dirancang dengan kapasitas pengolahan untuk sekitar 1,7 juta ton konsentrat menjadi kurang lebih 600.000 ton katoda tembaga per tahun.

Proyek tersebut diestimasikan rampung akhir tahun ini dan mulai commissioning hingga Mei 2024, sebelum dilanjutkan dengan ramp up atau optimasi produksi hingga Desember tahun depan.

(ibn/wdh)

No more pages