Logo Bloomberg Technoz

Jadwal Contraflow Situasional di Tol Japek Selama Periode Nataru

Dovana Hasiana
07 December 2023 16:10

Suasana antrean kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama 1, Jawa Barat, Kamis dini hari, (20/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Suasana antrean kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama 1, Jawa Barat, Kamis dini hari, (20/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri dan Kementerian PUPR akan memberlakukan skema dan jadwal sistem contraflow pada periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru 2023/2024). Berikut jadwal contraflow situasional di Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Skema dan jadwal contraflow situasional ini dimulai dari tol Jakarta Cikampek KM 47 (akhir jalan layang MBZ) hingga KM 87 ruas tol Cikampek-Palimanan (Cipali). 

"Pengaturan lalin ini pemberlakuan jadwal contraflow Tol Japek dapat dievaluasi oleh Korlantas Polri berdasarkan pertimbangan kondisi lalu lintasnya nanti dan bisa jadi akan ada perubahan arus lalu lintas yang bersifat situasional," jelas Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno dalam siaran pers, Kamis (7/12/2023). 

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati mengatakan, jadwal contraflow situasional di Tol Japek tersebut akan mengikuti pola arus mudik Lebaran 2023 dan bersifat situasional. 

“Semua rekayasa lalu lintas (lalin) itu akan menjadi diskresi dari pihak kepolisian, melihat situasi lalin yang berkembang. Rekayasa lalin dan jadwal contraflow tol Japek akan dilaksanakan secara situasional,” ujar Adita kepada Bloomberg Technoz.