Logo Bloomberg Technoz

Surya Paloh Instruksi NasDem Tolak RUU Gubernur Ditunjuk Presiden

Pramesti Regita Cindy
07 December 2023 13:20

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. (Dok. Nasdem)
Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. (Dok. Nasdem)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai NasDem menolak RUU Daerah Khusus Jakarta (DKJ) yang sudah dijadikan DPR sebagai RUU usulan resmi. RUU akan dibahas pada masa sidang berikutnya dan bisa diundangkan pada Februari 2024. Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh melalui keterangan resminya kepada media menyampaikan bhawa Jakarta harus diselamatkan dari tirani kekuasaan.

"Memerintahkan Fraksi Partai NasDem untuk menolak RUU DKJ sepanjang klasusul mekanisme pemilihan gubernur DKJ diserahkan langsung kepada pejabat Presiden. Pilkada adalah salah satu mekanisme yang dibangun demi termanifestasikannya demokrasi dalam kehidupan politik kita," dikutip dari salinan surat resmi yang ditandatangani oleh Ketua Umum Surya Paloh dan Sekjen Hermawi F. Taslim tertanggal Kamis (7/12/2023).

Partai NasDem menyatakan bahwa tidap daerah memiliki keistimewaan dan kekhususan masing-masing. Kekhasan Jakarta cukup pada wali kota masing-masing kota administratifnya dipilih gubernur. Namun untuk posisi gubernur dipilih melalui pilkada.

Oleh karena itu pelimpahan kekuasaan kepada pemimpin Jakarta harus dilakukan dengan pemilihan langsung.

"Inilah kebijaksanaan yang telah dihasilkan dari dialektika kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara selama ini."