Logo Bloomberg Technoz

Bahlil Minta Tukin PNS BKPM Naik, Jokowi Jawab Sudah Diurus

Mis Fransiska Dewi
07 December 2023 12:50

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia saat capaian realisasi investasi Triwulan III (Juli-September) Tahun 2023. (YoutubeBKPM)
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia saat capaian realisasi investasi Triwulan III (Juli-September) Tahun 2023. (YoutubeBKPM)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Investasi/Badan Koordinasi dan Penanaman (BKPM) Modal Bahlil Lahadalia meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menaikkan tunjangan kinerja (tukin) pegawainya bersama Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). 

Bahlil mengeluhkan karena pihaknya yang membawa para investor masuk ke dalam negeri, tapi malah mendapatkan tukin yang lebih sedikit dibanding para petugas pemungut pajak. 

Dia menganalogikan bahwa para pemungut pajak tidak akan dapat menerima pendapatan dari pajak jika investor tidak masuk ke Indonesia.

“Kata mereka pak, yang menerima pajak apa yang mau dipetik kalau pohon dan buahnya nggak pernah dibawa masuk ke dalam negeri,” kata Bahlil dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi 2023, Kamis (7/12/2023).

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi mengaku telah mengurus permintaan Bahlil tersebut agar tukin di BKPM meningkat. Jokowi menyentil Bahlil yang meminta kenaikan tukin untuk kementeriannya tersebut di depan khalayak ramai.