Logo Bloomberg Technoz

Pertumbuhan Ekonomi Hong Kong Diperkirakan Memburuk hingga 2024

News
07 December 2023 11:31

Hong Kong. (Sumber: Bloomberg)
Hong Kong. (Sumber: Bloomberg)

Cynthia Li - Bloomberg News

Bloomberg, Perekonomian Hong Kong kemungkinan akan tumbuh lebih lambat dari perkiraan sebelumnya tahun ini dan tahun depan. Perlambatan ini dipicu oleh tantangan dari melambatnya perekonomian China dan dampak dari tingkat suku bunga yang tinggi telah membebani pusat keuangan tersebut.

Menurut estimasi median dalam survei ekonom terbaru Bloomberg, para ekonom memangkas proyeksi mereka terhada pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) tahun 2023 menjadi 3,3% dari perkiraan sebelumnya sebesar 4%. Pertumbuhan pada kuartal keempat tahun ini diperkirakan mencapai 4,8% year-on-year, lebih buruk dari proyeksi sebesar 6,5% dalam survei terakhir yang dilakukan pada September.

Prospek tahun depan juga lebih suram, dengan PDB diperkirakan akan berkembang sebesar 2,7% pada tahun 2024 dibandingkan dengan tahun ini. Angka tersebut lebih rendah dari perkiraan sebelumnya sebesar 3%.

Grafik perlambatan ekonomi Hong Kong. (Sumber: Bloomberg)

"Hong Kong akan menyesali banyak peluang yang terlewatkan untuk tahun 2023 yang suram karena pemulihannya dari pandemi bahkan belum membuat PDB tahunan melewati puncak pandemi tahun 2021," kata Heron Lim, ekonom di Moody's Analytics. Perekonomian tumbuh sebesar 6,4% pada tahun tersebut, pulih dari penurunan 6,5% pada tahun 2020.