Logo Bloomberg Technoz

Pernyataan Bahlil tidak spesifik tertuju kepada kelompok tertentu. Namun perbincangan negatif terhadap hilirisasi teranyar diungkapkan tim sukses pemenangan Capres-Cawapres Anies Baswedan-Muhaimin.

Co-Kapten Tim Nasional Pemenangan Amin, Thomas Trikasih Lembong menyebut kebijakan hilirisasi sangat tidak berorientasi kepada pasar. Arah hilirisasi, kata dia, sangat didorong oleh pemerintah tanpa memperhatikan pasar yang ada.

Selain itu, Lembong juga mengungkap masalah kedua hilirisasi adalah pemerintah yang terlalu fokus pada nikel dan baterai sehingga menyebabkan kebijakan menjadi terlalu sempit bagi sektor lain. 

"Yang bekerja robot. Mekanisme otomatitasi, sehingga sedikit sekali manusia yang bekerja di situ. Akhirnya, dampak ke lapangan kerja jadi minim," ujar dia dalam diskusi "Kebijakan Industri, Hilirisasi, dan Perubahan Iklim" yang diadakan oleh CSIS di Jakarta Pusat, Rabu (6/12/2023). 

Terakhir, dia menyebut masalah standar lingkungan hidup di sektor pertambangan maupun smelter jauh dari yang diperlukan. Dia juga menyoroti kebutuhan tanah yang besar untuk menggali nikel beserta dampaknya.

"Terakhir dampak pada lingkungan hidup karena kadar nikel di tanah kita begitu rendah baik aspek penambang nikelnya maupun pengolahan nikelnya," tegas dia.

(ain)

No more pages