Logo Bloomberg Technoz

Airlangga: Potensi Ekonomi Asean US$2 T pada 2030, 40% dari RI

Dovana Hasiana
06 December 2023 20:20

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto. (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska Dewi)
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto. (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska Dewi)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan potensi nilai ekonomi Asean pada 2030 bisa meningkat menjadi US$2 triliun (sekitar Rp31,04 Kuadriliun) dari seharusnya US$1 triliun, berkat digitalisasi yang termaktub dalam Digital Economic Framework Agreement. 

Airlangga mengatakan sebanyak 40% dari potensi ekonomi kawasan senilai US$2 triliun atau sekitar US$800 miliar tersebut berada di Indonesia.

“Jadi ini peluang yang luar biasa, maka tentu daya saing digital kita yang saat sekarang di peringkat ke-51 perlu ditingkatkan ke peringkat ke-20. Kemudian, kontribusi [ekonomi digital] terhadap PDB dinaikkan ke 20%,” ujar Airlangga dalam agenda Peluncuran Buku Putih Strategi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital Indonesia 2030, Rabu (6/12/2023).

“Saat ini perkembangan teknologi kecepatan luar biasa, ini sudah cross-cutting issues dan melibatkan banyak stakeholders. Pengembangan ekonomi digital menjadi katalisator di mana pertumbuhannya sudah lebih tinggi dari pertumbuhan PDB Indonesia dan pada tahun yang lalu pertumbuhannya adalah 7,6% sampai 8,7%,” lanjutnya.

Indonesia, kata Airlangga, terus berpeluang untuk memaksimalkan ekonomi digital dengan populasi yang besar. Apalagi, 78% populasi Indonesia terhubung dengan internet dan digitalisasi ekonomi dan keuangan terus meningkat.