Logo Bloomberg Technoz

Infrastruktur Digital Tak Rata, Menkominfo Sebut RI Terlalu Luas

Dovana Hasiana
06 December 2023 20:00

Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Budi Arie Setiadi. (Dok: Kominfo)
Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Budi Arie Setiadi. (Dok: Kominfo)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyinggung luas daratan Indonesia yang mencapai 191 juta hektare (ha) saat ditanya mengenai penyebab infrastruktur digital yang belum merata di seluruh wilayah Indonesia.

Menurut Budi, Indonesia harus membangun jenis infrastruktur digital dan teknologi yang berbeda antarwilayah, seperti kabel laut, satelit, fixed wireless access (FWA), dan yang terbaru adalah fixed–mobile convergence.

“Indonesia ini negara yang luas. Luas daratan kita itu 191 km persegi atau 191 juta hektare, belum lautnya yang dua kali lipat [luasnya]. Jadi memang soal infrastruktur digital di Indonesia ini memang multitechnology,” ujar Budi saat ditemui usai agenda Peluncuran Buku Putih Strategi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital Indonesia 2030, Rabu (6/12/2023).

“Karena kita tidak bisa bilang satu teknologi ini tepat untuk seluruh wilayah indonesia. Maka tadi soal kearifan wilayah menjadi penting. Terlebih, keberagaman kita dari sisi wilayah juga luar biasa, ada gunung ada pulau terpencil dan sebagainya,” lanjutnya.

Dalam paparannya, Budi menjelaskan total panjang kabel laut di Indonesia saat ini sudah mencapai 53.000 kilometer atau hampir 4 kali lebih panjang dari luas bumi sebesar 12.000 kilometer.