Logo Bloomberg Technoz

Nelayan Tarakan Kesulitan BBM dan Alat Tangkap Mengeluh ke Jokowi

Ezra Sihite
28 February 2023 21:24

Presiden Jokowi kunjungi Kampung Nelayan Tanjung Pasir, Tarakan (DOK BPMI Setpres/Rusman)
Presiden Jokowi kunjungi Kampung Nelayan Tanjung Pasir, Tarakan (DOK BPMI Setpres/Rusman)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Kampung Nelayan Tanjung Pasir, Tarakan, Kalimantan Utara. Di sana, Jokowi bertemu dengan perwakilan nelayan untuk menerima aspirasi.

Jokowi mengatakan para nelayan mengeluhkan soal bahan bakar minyak. Hal itu menjadi kendala mereka. Selain bahan bakar, ada juga yang mengeluhkan alat tangkap kepada presiden.

“Saya kira secara umum baik, tetapi ada keluhan mengenai solar bersubsidi yang sering kadang-kadang tidak mereka dapatkan,” kata Jokowi usai pertemuan sebagimana dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Selasa (28/2/2023).

Soal keluhan tentang alat tangkap yaitu mengenai peremajaannya. Mereka mengatakan kesulitan untuk membeli alat tangkap yang baru. Hal itu terjadi lantaran hasil melaut tak cukup banyak karena cuaca ekstrem yang terjadi beberapa lama ini sehingga penghasilan berkurang.

“Kami meminta peremajaan kembali alat tangkap berupa mesin, pukat, armadanya juga karena kami kalau untuk membeli kembali kayaknya sulit karena dengan cuaca ekstrem seperti ini, kami minta bantuan dari pemerintah seperti itu,” kata istri seorang nelayan bernama Tarliana dalam kesempatan terpisah.

Di samping itu dia juga mengatakan meminta kepada Presiden Jokowi agar para perempuan di wilayah pesisir mendapatkan pelatihan dan pendampingan utuk mengelola hasil perikanan.