Logo Bloomberg Technoz

Sektoral saham barang baku dan saham infrastruktur menjadi pendukung utama penguatan IHSG dengan kenaikan 3,68% dan 3,05%, disusul oleh menguatnya saham kesehatan sebesar 0,19%.

Sedangkan, sektoral saham teknologi mengalami koreksi 1,81%.

Sejumlah saham-saham barang baku yang menjadi pendorong kenaikan IHSG adalah, PT Barito Pacific Tbk (BRPT) yang meroket hingga 23,3%, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) yang melesat mencapai 10,4% juga dengan saham PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA) yang menguat 9,73%.

Senada, saham infrastruktur juga naik mendukung penguatan IHSG, PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) meroket 10,7%, PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) melesat naik 5,86% dan saham PT Kencana Energi Lestari Tbk (KEEN) menguat 3,4%.

Tren naik harga saham Grup Barito milik Prajogo Pangestu, BRPT, BREN, di tengah isu masuknya PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) ke PT Archi Indonesia Tbk (ARCI). Tingginya kenaikan harga tersebut membuat saham BRPT berada di posisi paling atas jajaran top gainers. 

Seperti yang diwartakan sebelumnya, pergerakan saham BRPT terjadi di tengah munculnya rumor jika Archi Indonesia (ARCI) tengah didekati oleh dua konglomerasi besar, yakni Grup Barito dan Grup Astra.

Pelaku pasar yang mengetahui informasi itu mengatakan, Barito Renewables Energy (BREN) memiliki rencana untuk mengakuisisi saham Archi Indonesia (ARCI).

"Jumat ini, semua penawar masukkan bid," ujar sumber tersebut kepada Bloomberg Technoz, Rabu (6/12/2023). "Selain BREN, ada Pama Persada," sambungnya.

Isu tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya, selain tambang emas, Archi Indonesia (ARCI) juga tengah menggarap potensi energi baru terbarukan, panas bumi atau geothermal.

Potensi itu diambil usai Archi Indonesia (ARCI) membentuk perusahaan patungan atau joint venture (JV) ersama PT Ormat Geothermal Indonesia yang akan fokus pada diversifikasi bisnis geothermal.

Adapun kinerja bursa di Asia siang hari ini bergerak menguat. Indeks Nikkei 225 menghijau 1,97% , indeks Hang Seng Hong Kong naik 1,36%, indeks Kospi menguat 0,36%, indeks Shanghai Composite terapresiasi 0,25% dan indeks Strait Times Singapore melemah 0,06%.

(fad)

No more pages