Logo Bloomberg Technoz

SAR Perluas Pencarian 10 Korban Banjir Bandang Humbahas

Pramesti Regita Cindy
06 December 2023 11:30

Penanganan dan pencarian korban banjir bandang di Humbahas (Basarnas)
Penanganan dan pencarian korban banjir bandang di Humbahas (Basarnas)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hari kelima pascabanjir bandang dan longsor menerjang kawasan pemukiman penduduk di Desa Simangulampe Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) diketahui masih ada 10 orang yang hilang. Tim SAR gabungan lalu masih mencari dan memperluas area pencarian korban hilang baik di danau maupun di daratan.

Kepala Kantor Basarnas Medan Budiono mengatakan, pencarian hari ini melibatkan sedikitnya 538 orang dari berbagai instansi dan organisasi. Mereka lalu dibagi menjadi 3 sektor yang difokuskan menjadi 6 titik.

"Sektor I (SRU I) melakukan pencarian di permukaan air menggunakan 2 unit RIB dari Basarnas dan Polairud dan perahu 3 unit Perahu LCR. Kemudian menggunakan aqua eye untuk mendeteksi keberadaan korban di dalam air, dan jika memang cuaca dan kondisi di lapangan mendukung, siang ini direncanakan akan dilakukan penyelaman oleh tim BSG (Basarnas Spesial Group) dan personel dari Polairud," kata Budiono pada Rabu (6/12/2023) sebagaimana dirilis oleh Basarnas.

SRU II dibagi menjadi 3 titik melakukan pencarian menggunakan alat berat excavator dan didampingi tim scouting darat di area batas jalan menuju tepi danau.

"SRU III menjadi 3 titik melakukan pencarian menggunakan alat berat excavator dan didampingi Tim scouting darat diarea batas jalan menuju arah bukit. Selain itu tim nanti juga akan dibantu anjing pelacak dari pihak kepolisian," ujar dia lagi.